Enroll
Whatsapp

NEWS

Ajari Anak “Self-Love” Yuk!


             Isu kepercayaan diri saat ini sepertinya sudah menjadi obrolan yang paling mendasar – bahkan, sering dikaitkan dengan beragam kondisi seseorang. Melihat fenomena tersebut, sering ditemui anak-anak yang merasa tidak percaya diri karena berada di lingkungan baru, ataupun pengaruh faktor lainnya. Maka dari itu, mengajarkan anak sejak usia prasekolah agar bisa menghargai dirinya sendiri agaknya menjadi tanggung jawab yang besar bagi kita sebagai orangtua. Tentu saja hal itu karena rasa menghargai diri sendiri akan menjadi pondasi bagi masa depan anak-anak kita.

            Salah satu tujuan menjadi orangtua adalah memastikan si anak mengembangkan kebanggaan dan penghormatan pada diri sendiri. Begitu juga dengan keyakinan pada kemampuannya untuk menghadapi tantangan hidup. Sikap tersebut juga menjadi sesuatu yang penting di saat mereka mulai melakukan hal-hal baru tanpa bantuan orang lain, dewasa kelak.

            Jane Nelson, seorang ahli terapi keluarga di California, yang juga menulis The Positive  Discipline Series mengatakan bahwa penghargaan terhadap diri sendiri berawal dari rasa memiliki, meyakini bahwa kita mampu, dan mengetahui kontribusi kita dinilai serta dihargai.

Nelsen menambahkan, sebagaimana diketahui para orangtua, penghargaan terhadap diri sendiri merupakan pengalaman yang cepat berlalu. “Kadang kita merasa baik tentang diri sendiri, kadang juga tidak. Apa yang kita coba ajarkan kepada anak-anak kita adalah keterampilan hidup seperti keuletan dan ketabahan,” lanjutnya.

           Berangkat dari hal-hal di atas, berikut Robologee memberikan tips yang bisa digunakan Mama dan Papa dalam menumbuhkan “Self-Love” pada diri anak.

  • Ingatkan si kecil bahwa ia  berharga!

Di atas segalanya, sebagai orangtua tentu kita harus memahami bahwa kepercayaan diri seseorang terhadap dirinya turut terbangun dari bagaimana orang-orang di sekelilingnya memandang eksistensi dirinya dalam kehidupan mereka. Hal ini turut dirasakan oleh Si Kecil, yang haruslah terus menerus diingatkan bahwa kehadiran dirinya dalam kehidupan Mama dan Papa merupakan sesuatu yang sangat berharga. Untuk itu, jangan pernah sungkan untuk mengingatkannya secara verbal maupun lisan selain tindakan nyata yang mengisyaratkan hal tersebut.

“Nak, kamu adalah anugerah. Mama dan Papa sangat bersyukur kamu ada. Tumbuh sehat dan jadilah anak yang baik ya!”

  • Tunjukan Apresiasi Diri

Mengajarkan anak cara untuk mencintai diri sendiri, juga bisa  dengan mencontohkan bagaimana mengapresiasi diri sendiri dengan segala kebaikan dan kelebihan yang ada. Ini juga berlaku pada semua orang dengan memberikan segala apresiasi para orang lain tanpa memandang bentuk fisik, warna kulit, atau fitur fisik lainnya. Ini akan membuat anak lebih terbuka secara pikiran mengenai penilaian terhadap orang bukanlah dari tampilan semata.

  • Membangun Komunikasi 

Di usianya yang masih kecil, anak mama tercinta nyatanya tetap dapat merasakan gejolak emosi yang negatif di mana hal ini dapat menghasil dampak negatif yang membuat dirinya jauh dari kecenderungan untuk mencintai diri sendiri. Atas dasar itulah, sangat dianjurkan untuk membangun komunikasi yang baik supaya Si Kecil berani curhat. Dengan ini, orang tua bisa merubah orientasi pikirannya yang negatif berdasakan emosinya ke arah yang positif. Alhasil, kemungkinan pikiran negatif di mana Si Kecil merasa tidak percaya diri dan bahkan tidak menyukai dirinya sendiri dapat segera dicegah.

  • Menanamkan Nilai Cinta dan  Kejujuran

Jangan lupa untuk terus memberikan fokus pada kebaikan dan kejujuran dibandingkan pada tampilan fisik luar. Selalu tekankan pentingnya menjaga hati karena hati yang bersih dan baik akan terpancar dan terlihat.

  • Memberikan Dukungan Penuh

Selanjutnya, pikirkan bagaimana cara seorang anak untuk bisa menunjukkan bakat dan kemampuannya dengan media yang tepat. Ajaklah anak untuk mendaftarkan diri pada kursus tari, musik, olahraga, robotik, coding atau beragam pilihan lain yang disukainya. Ia akan mendapatkan dorongan sendiri untuk lebih percaya diri dan mengaktualisasi diri dengan kemampuan dan minatnya.

Di Robologee, Mama dan Papa juga bisa mendukung Si Kecil untuk ikut kursus koding loh!

  • Fri - Mar 04, 2022

    Main Game Online, Hasilkan Uang!

    Halo Mama Papa, apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan sehat Amiin.Mr. Robo akan membagikan…

    more >
  • Mon - Feb 14, 2022

    Workshop And Coding Competition 2022

    I. Gambaran Umum KegiatanSebuah acara kompetisi koding online untuk membuat sebuah solusi inovatif…

    more >
  • Thu - Jun 24, 2021

    Empat Film Animasi Untuk Mengisi Liburan Anak

           Waktu Liburan sudah tiba, waktunya kita mengisi waktu liburan dengan…

    more >
  • Thu - Jun 17, 2021

    Industri Menjanjikan Di Era Digital

                   Industri animasi di Indonesia…

    more >