Enroll
Whatsapp

NEWS

Empat Tips Menghadapi Anak Ketika Malas Belajar


           Menurut Gagne, belajar adalah suatu proses untuk memperoleh motivasi dalam pengetahuan, keterampilan, kebiasaan, dan tingkah laku. Artinya proses ini akan berlangsung terus menerus tanpa ada batasan kapan belajar itu harus berhenti. Akan tetapi, kemampuan belajar yang dimiliki tiap individu itu berbeda-beda dan akan lebih baik apabila kemampuan tersebut dilatih dan dibiasakan sejak dini. Biasanya ada anak yang menganggap bahwa proses belajar itu tidak penting, membosankan dan mungkin cenderung mengabaikannya. Maka dari itu dibutuhkan solusi untuk mengatasi hal tersebut sehingga anak bisa kembali fokus dan belajar secara menyenangkan.

  1. Kenalkan berbagai gaya belajar pada anak

Ada pepatah mengatakan “Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya”. Peribahasa tersebut mungkin saja sesuai untuk menjelaskan fenomena bahwa tidak semua anak mempunyai gaya belajar dan tentunya hasil akhir yang sama. Termasuk apabila mereka bersekolah di sekolah yang sama atau bahkan duduk di kelas yang sama. 

Menurut Bobbi De Poter & Mike Hernacki secara umum gaya belajar manusia dibedakan ke dalam tiga kelompok besar, yaitu gaya belajar visual (gaya belajar dengan cara melihat, mengamati, memandang, dan sejenisnya), gaya belajar auditorial (gaya belajar dengan cara mendengar) dan gaya belajar kinestetik (gaya belajar dengan cara bergerak, bekerja, dan menyentuh).

Di sinilah peran orang tua menjadi krusial dalam proses perkembangan anak terutama dalam hal belajar. Karena gaya belajar yang cocok akan lebih efektif meningkatkan kemampuan anak dalam menyerap apa yang sedang dipelajari.

  1. Mengetahui bidang yang paling diminati oleh anak

Umumnya, setiap anak akan memiliki ketertarikan pada bidang yang berbeda-beda, sebagai contoh anak A lebih tertarik ke bidang bahasa sementara itu anak B lebih tertarik ke bidang olahraga. Dari contoh tersebut tidak ada benar ataupun salah melainkan hal yang wajar. Maka dari itu, diharapkan untuk para orang tua mampu mengenali bidang yang diminati oleh anak serta akan lebih baik apabila fasilitas yang diberikan pun dapat mendukung anak dalam belajar sehingga dapat membentuk kesan bahwa belajar itu merupakan hal yang menyenangkan.

  1. Koleksi buku-buku yang menarik

Memiliki banyak koleksi buku akan membantu anak dalam proses belajarnya agar tidak membosankan. Anak biasanya akan lebih tertarik dengan sesuatu yang cenderung memiliki banyak warna serta gambar – gambar yang bervariatif, dimana hal tersebut pula yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif mereka. Dengan begitu, mood dan semangat belajar anak otomatis akan meningkat dan dapat membuat mereka menjadi lebih fokus.

  1. Belajar sambil bermain menggunakan game edukasi 

Cara berikut ini juga dapat coba dipakai ketika anak sedang malas belajar. Ajaklah anak bermain sambil belajar, sebagai contoh akan mengenalkan anak tentang angka atau hitungan. Orang tua dapat mencoba menggunakan balok konstruksi atau balok susun yang memiliki warna serta bentuk yang berbeda sehingga anak akan lebih mudah mengingat serta mampu mengasah kognitif dan motorik pada anak.

           Seiring dengan perkembangan teknologi, orang tua juga bisa mulai mengenalkan anak untuk menggunakan game edukasi yang saat ini banyak tersedia secara digital. Mulai dari permainan kata, berhitung, menggambar atau bahkan mencari gambar yang tersembunyi dan masih banyak lagi jenisnya. Selain menjadi penikmat atau audience dalam sebuah game, saat ini anak-anak bisa membuat baik animasi, game atau aplikasi mereka sendiri. Dimulai dengan membuat desain lalu menyusun koding walau dalam bentuk yang masih sederhana. Hal-hal tersebut mampu membuat anak semakin kreatif, solutif dan mampu berpikir lebih kritis. (Heris)




Source: https://dosenpsikologi.com/cara-mengatasi-anak-yang-malas-belajar


  • Fri - Mar 04, 2022

    Main Game Online, Hasilkan Uang!

    Halo Mama Papa, apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan sehat Amiin.Mr. Robo akan membagikan…

    more >
  • Mon - Feb 14, 2022

    Workshop And Coding Competition 2022

    I. Gambaran Umum KegiatanSebuah acara kompetisi koding online untuk membuat sebuah solusi inovatif…

    more >
  • Wed - May 19, 2021

    Enam Tips Mempersiapkan Sekolah Tatap Muka

               Pemerintah telah memastikan bahwa pada tahun ajaran…

    more >
  • Wed - May 19, 2021

    Apa Itu Artificial Intelligence?

                Pernahkan kalian mendengar tentang Artificial Intelligence…

    more >