Enroll
Whatsapp

NEWS

Industri Menjanjikan Di Era Digital


               Industri animasi di Indonesia memang masih jarang diminati di tengah gempuran animasi impor. Mengutip dari laman Kementerian Perindustrian menyebutkan, pertumbuhan industri animasi berada di atas enam persen. Meskipun kontribusi terhadap industri kreatif masih kecil, Kemenperin menilai industri animasi memiliki potensi pasar yang sangat besar. 

              Asosiasi Industri Animasi dan Kreatif Indonesia (AINAKI) Ehwan Kurniawan mengatakan, potensi industri animasi di Indonesia masih menjanjikan. Bahkan sejumlah animasi karya anak bangsa saat ini mulai diterima banyak orang. 

"Industri animasi kita sudah menggairahkan, terutama sejak munculnya animasi Si Juki ke layar lebar. Kemudian juga ada animasi Sopo Jarwo, animasi Warkop DKI dan animasi Nusa yang juga bakal tayang di layar lebar," tambahnya.

              Kualitas animasi karya anak bangsa menurut Ehwan, tidak kalah saing dengan animasi dari negara lain. Selain itu, tak sedikit pula Animator Indonesia yang bekerja di studio animasi luar negeri, salah satunya seperti Ronny Gani yang ikut membuat animasi untuk film Avenger terkait visual efek. Ehwan Kurniawan punya trik untuk animator yang baru mulai debutnya dalam membuat animasi. Menurut dia, untuk meraih ceruk pasar industri animasi, yakni animator ditutut bergaul dan membangun jaringan koneksi sesama industri animasi dan komikus.

"Animator juga bisa memulai dari yang kecil tapi potensinya bisa menjadi lebih besar. Yang murah bisa memanfaatkan media Youtube. Contoh lain serial animasi Nusa yang memulai dari Youtube kemudian sekarang mulai ke layar lebar," ujarnya saat ditemui usai pembukaan Festival Komik dan Animasi Indonesia (FKAN) X di Tempoa Art dan Galeri Kota Jambi.

             Serial animasi Si Juki yang berangkat dari cerita komik menurut dia, bisa menjadi pakem atau peta bagi animator dalam memulai debutnya. Para animator tidak melulu langsung memulai dengan karya yang besar karena pasti membutuhkan biaya yang besar pula.

"Misalnya membuat serial animasi yang kemudian memanfaatkan media YouTube untuk salurannya, ini menjadi potensi dan memberikan peluang ekonomi bagi para animator, biayanya tidak besar," katanya menjelaskan. (Arin)


https://www.liputan6.com/regional/read/4056368/industri-animasi-dan-komik-indonesia-menggairahkan


  • Fri - Mar 04, 2022

    Main Game Online, Hasilkan Uang!

    Halo Mama Papa, apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan sehat Amiin.Mr. Robo akan membagikan…

    more >
  • Mon - Feb 14, 2022

    Workshop And Coding Competition 2022

    I. Gambaran Umum KegiatanSebuah acara kompetisi koding online untuk membuat sebuah solusi inovatif…

    more >
  • Tue - Jun 15, 2021

    Empat Tips Menghadapi Anak Ketika Malas Belajar

               Menurut Gagne, belajar adalah suatu proses untuk memperoleh…

    more >
  • Wed - May 19, 2021

    Enam Tips Mempersiapkan Sekolah Tatap Muka

               Pemerintah telah memastikan bahwa pada tahun ajaran…

    more >